Training “E – Arsip Dalam Sistem Surat Menyurat

2013-05-01 14:50:30 - Rizka Zira

Sistem Pengarsipan adalah Sistem Informasi Pencatatan Surat-menyurat dan Pengarsipan. Sistem ini mendukung prinsip Good Goverment dan Good Corporate Governance dalam mencapai efisiensi dan efektifitas pencapaian tujuan, baik untuk organisasi pemerintah maupun swasta. e-arsip membantu mengefektifkan kerapian pengarsipan surat dan dokumen-dokumen institusi seperti dokumen kontrak, referensi, pajak dan lain-lain. Penugasan dan distribusi pekerjaan terkait dengan isi surat bisa dilakukan dengan cepat dan real time.

Manfaat lain yang bisa diperoleh dengan adanya e-arsip ini adalah:

  1. Terbentuknya database arsip yang efektif dan efisien
  2. Adanya manajemen/SOP surat yang efektif dan efisien
  3. Menghemat biaya duplikasi data  (fotocopy)
  4. Efektif & efesien untuk sistem dokumen mengalir (persetujuan/aproval)
  5. Mempercepat distribusi / respon surat atau dokumen
  6. Lama respon pegawai terpantau
  7. Meningkatkan kebersihan kantor dari kertas yang berceceran (paperless)
  8. Meningkatkan kinerja team dengan adanya respon yang cepat dan tracking yang jelas
  9. Mempermudah penelusuran surat yang lalu termasuk posisi dokumen asli surat (termasuk dokumen pajak)

 

11 orang staf dari Dispenda Jatim, Bappeda Kapuas Hulu, Sekretariat Dispenda Bandar Lampung, dan Badan Perpustakaan. Kearsipan dan Dokumentasi Provinsi Kalimantan Barat pada hari Selasa tanggal 2 April lalu memulai hari pertama Training “E-Arsip Dalam Sistem Surat Menyurat” di ComLabs ITB. Pelatihan ini membahas tentang  Permasalahan dalam surat – menyurat sampai penggunaan system informasi pengelolaan surat-menyurat menggunakan system e-arsip dalam waktu 3 hari. Hampir seluruh peserta memberikan penilaian bagus dan memuaskan pada pelayanan, materi, dan pemateri ComLabs ITB pada pelatihan ini.

ComLabs USDI ITB telah banyak memberikan topik-topik pelatihan teknologi informasi yang telah diterapkan diberbagai instansi akademik, pemerintah dan swasta. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi pada saat ini, ComLabs USDI ITB senantiasa selalu up to date dan base on experience dalam memberikan pelatihan sebagai solusi permasalahan TIK yang dihadapi partisipan pelatihan. Didukung narasumber dan tenaga ahli dibidang teknologi informasi dengan segudang pengalamannya, menjadikan pelatihan-pelatihan teknologi informasi yang ada di ComLabs USDI ITB semakin diminati dan terbukti tahun demi tahun jumlah partisipan yang semakin meningkat.

(Dari berbagai sumber)


Share this Article :